Sabtu, 11 Oktober 2014

Jenis-Jenis Perlengkapan Kantor : #4. Perabot Kantor (Office Furniture)

   Artomoro Service akan memberikan penjelasan mengenai macam-macam peralatan kantor dan peralatan perbankan. Kami menyediakan jasa servis untuk peralatan kantor dan perbankan, oleh karena itu kami sangat mengerti akan kebutuhan yang dibutuhkan untuk peralatan kantor dan perbankan.

   Pada kesempatan posting berikut ini, kami akan mencoba menjelaskan tentang Jenis-Jenis Perlengkapan Kantor poin yang ke empat, yaitu Perabot Kantor (office furniture).

   Yang meliputi Perabot Kantor (office furniture) umumnya yaitu benda-benda kantor yang umumnya terbuat dari bahan yang kuat seperti kayu atau baja yang digunakan untuk pekerjaan tata usaha.

a. Meja kantor
       Meja kantor yang baik harus memenuhi beberapa persyaratan, diantaranya :
1. Dari permukaan meja sampai lantai tidak seluruhnya tertutup, bagian bawahnya harus mempunyai 
    kaki-kaki yang cukup terbuka untuk tempat peredaran udara.
2. Permukaan meja tidak berkilat-kilat agar tidak menyilaikan para pegawai yang memakainya.
3. Luas meja tidak terlampau berlebihan, karena luas meja yang berlebihan biasanya tidak 
    dipergunakan untuk melaksanakan pekerjaan tapi digunakan untuk fungsi yang lain.
4. Meja kantor ada beberapa jenis, dilihar dari ukuranya dan fungsinya jenis-jenis meja kantor adalah:

Ukuran Meja dan Fungsinya

Meja besar atau satu biro dengan ukuran p = 121,5 cm, l = 71 – 80 cm, t = 74 cm biasanya digunakan oleh direktur.

Meja sedang atau meja ½ biro dengan ukuran p = 96,5 cm, l = 71 cm, t = 74 cm biasanya digunakan oleh kepala bagian.

Meja biasa dengan ukuran p = 120 cm. l = 70 – 72 cm, t = 75 cm meja ini digunakan oleh pegawai biasa

Meja khusus sesuai dengan kegunannya juru tik, insinyur, desainer dll

Meja rapat sesuai dengan jumlah peserta rapat kegiatan rapat atau pertemuan baik dalam jumlah besar maupun dalam jumlah kecil

b. Kursi.
       Menurut Ralph Barnes kursi kantor yang baik harus memenuhi persyaratan antara lain :
a) Dapat diatur tinggi rendahnya.
b) Dibuat secara kokoh.
c) Disesuaikan dengan bentuk badan orang.
d) Mempunyai penyangga belakang.

c. Lemari
     Lemari di kantor dapat dibedakan berdasarkan kegunaanya, macam-macam lemari atau alat penyimpan di kantor antara lain:
1. Lemari-lemari warkat, lemari ini biasanya digunakan untuk menyimpan warkat atau dokumen  
    yang belum difile atau belum disimpan.
2. Lemari rak, lemari yang digunakan untuk menyimpan dokumen seperti buku, laporan yang sudah 
    dibundel atau dimasukan dalam odner.
3. Lemari brandkas (cash box) lemari ini digunakan untuk menyimpan uang atau dokumen-dokumen 
    penting dan surat berharga perusahaan.
4. Filling cabinet, alat untuk menyimpan dokumen yang telah selesai diproses dan dijadikan sebagai 
    arsip perusahaan.


Pada postingan berikutnya akan kita bahas poin yang ke lima yaitu mengenai Hiasan Kantor (office ornament)


Copas (http://anugerahdino.blogspot.com/2014/02/jenis-jenis-perlengkapan-kantor.html)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar